Soal Ujian Simpulan Semester Ganjil Al-Qur’An Hadits Objektif Dan Essay Kelas 7 Mts
Pilihlah balasan yang paling tepat!
1. Yang bukan merupakan pengertian Al-Qu’an merupakan....
a. Firman Allah yang diturunkan kepada Rasulullah Saw secara mutawatir sebagai pedoman hidup umat manusia
b. Sebuah kitab suci yang wajib diimani oleh seluruh umat Islam dan membacanya merupakan suatu ibadah
c. Kalam Allah yang disampaikan kepada seluruh Nabi dan Rasul-Nya secara berangsur-angsur
d. Wahyu Allah yang disampaikan kepada Nabi Muhammad Saw melalui mediator malaikat Jibril
2. Dari segi bahasa, Hadist terdapat kaya arti, diantaranya....
a. Nabi, sumber dan hukum
b. Baru, ucapan dan muda
c. Jejak, langkah dan peninggalan
d. Pedoman, kitab suci dan petunjuk
3. Arti Al-Qur’an berdasarkan bahasa merupakan....
a. aturan Islam c. pedoman
b. kitab suci d. bacaan
4. Al-Qur’an terdapat kaya nama lain yang sekaligus merupakan fungsinya bagi kehidupan umat manusia. Diantara nama lain Al-Qur’an merupakan Al-Dzikra, memperlihatkan bahwa Al-Qur’an terdapat fungsi sebagai....
a. obat semoga hati kita menjadi tenang
b. pengingat disaat kita lengah atau lupa
c. pembeda antara yang haq dan yang bathil
d. petunjuk jalan kita menuju kebahagiaan hakiki
5. Sebagaimana Al-Qur’an, Hadist pun terdapat sedikit nama lain yang juga merupakan fungsinya bagi kehidupan umat manusia. Diantara nama lain tersebut merupakan sunnah, yang berarti bahwa hadist merupakan....
a. pekompleks kisah yang belum terdapat dalam Al-Qur’an
b. tuntunan hidup yang dicontohkan dan bersumber dari Rasulullah Saw
c. aturan yang harus kita ikuti semoga menerima pahala, apabila tak tak apa-apa
d. aturan dan sumber aturan terpenting dalam kehidupan kita sehabis wafatnya Rasulullah Saw
6. Al-Qur’an juga terdapat nama lain ”Al-Busyro” yang berarti kabar baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan....
a. Kabar baik bagi umat Islam bahwa telah hadir kitab suci yang tak lekang oleh zaman
b. ayat-ayat rahmat yang terdapat dalam Al-Qur’an yang menjanapabilan nirwana bagi umat Islam yang bertaqwa.
c. Turunnya Nabi terakhir yang membawa kitab suci Al-Qur’an yang sudah usang disebut dalam kitab suci injil
d. Adanya orang yang berbuat baik, selain mereka yang kaya berbuat kemungkaran sesampai kemudian Islam tetap terjaga
7. Dalam Al-Qur’an disebutkan bahwasannya sholat diwajibkan pada waktu-waktu yang telah ditentukan, adapun waktu-waktu sholat lebih terperinci diterangkan dalam hadist, hal tersebut memperlihatkan bahwa hadist terdapat fungsi penting terhadap Al-Qur’an yaitu....
a. Membatasi keumuman Al-Qur’an
b. Menterangkan ayat-ayat Al-Qur’an yang bersifat global
c. Menetapkan aturan yang belum terdapat dalam Al-Qur’an
d. Sebagai pengukuh aturan yang telah disebutkan dalam Al-Qur’an
8. Liburan sekolah merupakan hal yang membosankan bagi Neyla, lantaran ia tak sanggup bertemu dengan teman-temannya. Di rumah ia hanya berteman dengan pembantunya, lagikan ayah dan ibunya sibuk dengan pekerjaannya yang menyita seluruh waktunya. Sebagai anak yang sanggup memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist dalam kehidupan pribadinya, Neyla seharusnya….
a. Mengajak pembantunya untuk membaca Al-Qur’an setiap saat
b. Mengingatkan ayah dan ibunya untuk tak terlalu sibuk dalam urusan duniawi
c. Memanfaatkan waktu luang dan kemudahan yang dimiliki untuk menambah kemampuan diri yang positif
d. Menikmati waktu luang dan segala fasilitasnya dengan santai dan mengundang teman-temannya untuk pesta
9. Perhatikan hal-hal berikut!
1. Menjaga nama baik negara kita
2. Memiliki bendera negara kita dan memasangnya setiap hari
3. Senantiasa berbuat baik hanya kepada seluruh warga Negara RI
4. Menyuruh segenap warga Negara RI untuk menghafal ayat-ayat Al-Qur’an
5. Ikut berpartisipasi semaksimal cukup dalam membangun kemajuan bangsa
6. Menjadi warga Negara yang baik dengan tetap berpegang teguh kepada aliran Islam
Pada pernyataan-pernyataan di atas yang merupakan sikap memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist dalam kehidupan bernegara, ditunjukkan pada nomor….
a. 1, 5 dan 6
b. 1, 2 dan 3
c. 2, 3 dan 4
d. 4, 5 dan 6
10. Banyak sekali cara kita untuk sanggup menyayangi Al-Qur’an, diantaranya dengan cara….
a. Menghafalkan sebagian ayat-ayatnya dengan senang
b. Menyimpannya ditempat yang kondusif dan terkunci
c. Membawanya ke daerah tidur kita setiap malam
d. Menciuminya setiap saat
11. Selain Al-Qur’an, kita juga seharusnya menyayangi Al-Hadist sebagai pedoman hidup kedua. Bukti kecintaan tersebut sanggup ditunjukkan dengan cara….
a. Mempelajari maknanya
b. Mengabaikan isi kandungannya
c. Menjadikannya sumber aturan utama
d. Membacanya dengan tartil sebagaimana Al-Qur’an
12. Maraknya hiburan dari dalam dan manca negara, menyebabkan para cowok kita jauh dari kitab suci yang seharusnya kerap dibacanya. Salah satu cara menumbuhkan rasa kecintaan kita terhadap Al-Qur’an yakni dengan cara….
a. Tidak mempelajari pelajaran lain selain Al-Qur’an
b. Selalu membawanya ke daerah hiburan yang kita sukai
c. Mempelajari Al-Qur’an dan mengaitkannya dengan sains
d. Tidak menyaksikan tayangan televisi selain program Al-Qur’an
13. Perhatikan ungkapan sedikit anak berikut!
Ardi = “Yes..! sudah bel masuk kelas, berarti ngaji kita berakhir. Lega..”
Firman = “Aduh, ngaji lagi..ngaji lagi. Kalo gini terus kan jadi ngantuk.”
Dwi = “Ndak papa lah, meskipun sebentar, namun kita punya hari ini baca Al-Qur’an.”
Ais = “tau kalo nganggur gini, mending gres saja bawa Juz Amma, kan sanggup nambah hafalan kita”
Ilham = “lihat tuh, si Aly kayak orang alim aja, bawa Al-Qur’an kemana-mana”
Bukti kecintaan kepada Al-Quran, salah satunya ditunjukkan dengan ungkapan….
a. Ardi dan Ilham c. Firman dan Ais
b. Dwi dan Ais d. Ardi dan Firman
14. Perhatikan sedikit dongeng berikut!
1. Arman memiliki kebiasaan makan sambil jalan, menurutnya hal itu sangat menyenangkan dilakukan ketika pulang sekolah bersama teman-temannya untuk menjaga kebersamaan
2. Di sekolah Fatma diajar ilmu Hadist, namun ia tak menyukai pelajaran tersebut lantaran ia merasa tak membutuhkannya ketika itu.
3. Adnan berniat menghafal hadist yang berkaitan dengan kesehariannya semoga ia sanggup mengamalkan isinya sesuai tuntunan Rasulullah Saw
4. Karena hadist jumlahnya ribuan dan tak cukup menghafalkan semua maka Tasya merasa keberatan untuk mempelajarinya di kelas
Dari sedikit masalah di atas, sikap seeorang yang menjaga hadist ditunjukkan dengan kisah nomor…
a. 1 b. 2 c. 3 d. 4
15. Jika seorang pelajar sanggup memakai Al-Qur’an dan hadist dalam kesehariannya, pastilah ia memiliki adat yang terpuji baik terhadap guru inginpun teman-temannya. di bawah ini sikap tersebut ditunjukkan oleh….
a. Sasa yang tak pernah terlambat mengumpulkan kiprah dari gurunya
b. Dodo yang tak pernah memperlihatkan sikap santun kepada bapak dan ibu gurunya
c. Ardian yang hampir setiap ahad melupakan kewajibannya untuk piket kebersihan kelas
d. Firman yang kerapkali membantu teman-temannya untuk mengerjakan soal ketika ujian berlangsung
16. Perhatikan percakapan berikut!
Azka :”Hai, semua….gimana nih program weekend kita? Makara kan ke rumahku, tak usah khawatir… mamaku udah ngizinin kok.”
Aldian : “aduh, gimana ya…aku sih bahwasanya kepingin, namun ibuku ada kaya kerjaan ketika itu, gimana saya izinnya?.”
Azka :”alaah..gampang, kau kan sanggup bilang ke ibumu bahwa kita akan mengerjakan kiprah sekolah, beres kan?”
Remo :”Wah, jangan Di… mendingan kau ndak usah ikut untuk yang kali ini, kasian ibu kamu, lagian hanyan nge game gini aja”
Azka :” eeh jangan meremehkan ya?! Dijamin sobat semua bakal rugi ndak mainin game baruku ini…made in Hongkong man….”
Remo :”yaaa…tergantung Aldi lah, ingin ikut atau tak, yang penting….aku kasih saran semoga tak usah ikutan main, mending di rumah aja siapa tahu ibunya butuh bantuannya.”
Dalam percakapan tersebut sikap yang sesuai dengan aliran Hadist merupakan perilaku….
a. Azka, lantaran ia ingin menyenangkan hati temannya walau dengan cara apapun
b. Semuanya, lantaran telah merencanakan program sedemikian rupa
c. Remo, lantaran mengingatkan temannya semoga tak salah melangkah
d. Aldi, lantaran selalu galau dengan apa yang mesti dilakukannya
17. Kinan sangat kesal lantaran adiknya,Vira, kerap mengambil tasnya tanpa izin. Kinan mencoba bersabar namun adiknya tak juga sadar atas kelakuannya. Hal yang mesti dilakukan Kinan untuk sanggup memakai Al-Qur’an dan Hadist dalam kehidupan keluarga merupakan....
a. Memarahinya dan memberinya pelajaran
b. Melaporkan hal tersebut kepada orang tuanya semoga dimarahi
c. Mengajaknya bicara baik-baik dan mengingatkan kesalahannya
d. Menasehatinya semoga membeli tas sendiri dan jangan pernah meminjam lagi
18. “yaitu jalan orang yang Engkau beri nikmat atas mereka” merupakan terjemahan dari ayat....
a. اهدنا الصراط المستقيم
b. غير المغضوب عليهم
c. صراط الذين أنعمت عليهم
d. غير المغضوب عليهم و لا الضالين
19. إياك نعبد و إياك نستعين
Arti kata yang bergaris bawah pada ayat tersebut di atas merupakan....
a. Kami menyembah
b. Kami menyembahMu
c. Kami mohon pertolongan
d. Hanya kepadaMu kami mohon pertolongan
20. “dari kejahatan bisikan setan yang bersembunyi” merupakan terjemahn dari ayat….
a. مِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ
b. مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ
c. الذي يوسوس في صدور الناس
d. مِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ
21. إِلَٰهِ النَّاسِ
Makna ayat di atas merupakan....
a. Allah lah satu-satunya yang wajib dimintai pertolongan
b. Hanya Allah lah yang wajib disembah dan daerah mengabdi
c. Kepada Allah lah Jin dan insan minta pertolongan dan perlindungan
d. Manusia tak akan sanggup berbuat apa-apa tanpa Allah yang mengatur urusannya
22. “dan dari kejahatan kegelapan malam apabila ia telah gelap” merupakan terjemahan dari
a. مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ
b. وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ
c. ِمِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ
d. وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ
23. “Allah daerah bergantung segala sesuatu” merupakan terjemahan dari....
a. QS. Al-Naas 3
b. QS. Al-Fatihah 4
c. QS. Al-Ikhlas 2
d. QS. Al-Falaq 4
24. Manakah diantara pasangan ayat dan penterangannya berikut yang sesuai?
25. Berikut ini ayat yang memperlihatkan keesaan Allah merupakan….
a. و من شر النفاثات في العقد
b. صراط الذين أنعمت عليهم
c. ولم يكن له كفوا أحد
d. من شر الوسواس الخناس
26. Perilaku penyimpangan tauhid sanggup dilihat dari teladan kasus....
a. Arman selalu berdoa di makam leluhurnya menjelang Ujian Akhir Semester untuk meminta semoga dimudahkan dalam mengerjakan soal.
b. Karin meminta maaf kepada seluruh bapak dan ibu gurunya setiap selesai semester dan memohon semoga dia mendoakan untuk kesuksesannya.
c. Niluh senang mengunjungi panti asuhan untuk mengembangkan kebahagiaan bersama bawah umur yatim dengan menawarkan sebagian harta yang dimilikinya.
d. Raka tak ingin mempercayai ramalan apapun, lantaran ia tahu bahwa hal tersebut merupakan perbuatan syirik
27. Hasidah kesal dan galau melihat Adina, sahabat sekelasnya tersebut menerima perhatian para guru lantaran hasil ulangannya yang selalu menerima nilai tertinggi, risikonya ia berbisnis menghembuskan info tak sedap dikalangan teman-teman lainnya seputar Adina. Adina tak mempedulikannya lantaran baginya cukup Allah yang sanggup melindunginya dari informasi tersebut. sikap Adina sesuai dengan penerapan….
a. QS. Al-Fatihah ayat 1
b. QS. An-Naas ayat 4
c. QS. Al-Falaq ayat 5
d. QS. Al-Ikhlas ayat 3
28. ”Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir ”firman Allah dalam QS.Qaaf ayat 18 tersebut sesuai dengan potongan hadist....
a. حَتَّى يَكُوْنُ هَوَاهُ تَبَعًا c. أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلآئِكَتِه
b. ليس عليه أمرنا فهو ردّ d. من عمل عملا
29. لا يؤمن أحدكم ....
Kata untuk mekompleksi hadist tersebut merupakan....
a.حتى يكون هواه تبعا لما جئت به
b. بالله وملائكته وكتبه ورسله
c. وقول باللسان
d. فهو رد
30. أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلآئِكَتِهِ .... وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَ شَرِّهِ
a. وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَ كُتُبِهِ وَرُسُلِهِ
b. وَرُسُلِهِ وَ كُتُبِهِ وَالْيَوْمِ الآخِر
c. وَ كُتُبِهِ وَالْيَوْمِ الآخِر وَرُسُلِهِ
d. وَ كُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِر
31. وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَ شَرِّهِ
Arti potongan hadist tersebut di atas merupakan....
a. Beriman kepada qadha dan qadar
b. Beriman kepada taqdir baik bukan taqdir yang buruk
c. Dan hendaknya kau percaya kepada taqdir baik dan buruk
d. Percayalah kau kepada taqdir baik dan jelek dari Allah Swt
32. حتى يكون هواه تبعا لما جئت به
Kata yang bergaris bawah pada potongan hadist tersebut bermakna....
a. mengikuti
b. hawa nafsunya
c. ajaran yang saya bawa
d. mengikuti ajaran
33. فإن الله لا يقبل من الأعمال إلا ما خلص له
Yang merupakan makna potongan hadist di atas merupakan....
a. Jangan lupa untuk nrimo dalam berinfak setiap saat
b. Allah menyukai orang yang berinfak dengan ikhlas
c. Allah tak mendapatkan perbuatan seseorang tanpa disertai keikhlasan
d. Allah tak mewajibkan seseorang untuk berinfak tanpa keikhlasan
34. Syarifa seorang pelajar yang lagi menghadapi dilema kepercayaan diri, ia merasa dirinya tak disukai teman-temannya, padahal ia sudah berbisnis berbuat dan berperilaku baik dengan siapapun. Akhirnya ia merasa Allah Swt tak adil padanya. Hal tersebut merupakan tindakan yang....
a. Dapat melemahkan iman
b. Tidak mempercayai Allah
c. Dapat meningkatkan ketaqwaan
d. sesuai dengan ciri orang yang beriman
35. Perhatikan hal-hal berikut!
1. Melaksanakan sholat lantaran Allah semata
2. Membaca Al-Qur’an dengan merenungkan maknanya
3. Bersedekah dengan tanpa pamrih
4. Melaksanakan sholat dhuha lantaran peraturan sekolah
5. Berpuasa ramadhan 30 hari penuh.
Dari pernyataan di atas yang merupakan indikator ibadah yang diterima Allah merupakan pernyataan nomor....
a. 1 dan 3 b. 2 dan 4 c. 3 dan 5 d. 4 dan 5
36. Seseorang yang benar-benar beriman akan sanggup mengaplikasikan keimanannya dalam perbuatannya, hal tersebut sanggup dicontohkan dalam sikap seseorang yang….
a. aib dalam hal kebaikan
b. mengingat Allah ketika dalam sholat saja
c. senantiasa aib untuk berbuat dosa dan maksiat
d. melakukan kewajibannya apabila tak mengganggu urusan pribadinya
37. Riska selalu melakukan sholat shubuh dua kali setiap pagi, lantaran ia menginginkan pahala yang lebih. Hal tersebut merupakan….
a. Perbuatan yang sia-sia menghabiskan tenaga
b. Keputusan sempurna untuk menambah tabungan alam abadi kita
c. Amal yang tak ada tuntunannya dan tak diterima Allah
d. Amal yang disukai Allah Swt lantaran menambah kualitas ibadah kepadaNya
38. Perhatikan kisah berikut!
1. Fahry mengaku beriman kepada Allah dan para Rasul Nya, ia pun mengaku sangat menyayangi keduanya. Namun perilakunya jauh dari sikap yang dicontohkan Nabi dan ia ibarat tak merasa bahwa Allah selalu mengamati perilakunya.
2. Indra pelajar MTs yang sangat aktif, selain organisasi ia juga tergolong siswa yang terdapat prestasi akademik yang gemilang. Namun, yang paling membanggakan orang tuanya merupakan bahwa ia sangat rajin melakukan kewajibannya kepada Allah Swt.
3. Imelda percaya dengan kemampuan dirinya untuk meraih nilai tertinggi, maka ia tak peduli dengan saran orang tuanya untuk menjaga kesehatannya dan tak lupa berdoa memohon pertolongan Allah Swt semoga semua sesuai dengan harapannya.
4. Bagi Rama, music merupakan jiwanya. Sesampai kemudian ia tak akan sanggup berguru tanpa mendengarnya, tak sanggup mencicipi lezatnya masakan tanpa ada music di dekatnya, bahkan di ketika sholatpun, seakan ia mendengarkan alunan music dalam hatinya.
Perilaku seseorang yang kurang memperhatikan kualitas keimanannya ditunjukkan pada kisah….
a. Indra c. Rama dan Indra
b. Fahry dan Imelda d. Fahry, Imelda dan Rama
39. Ada ibadah mahdoh ada juga ibadah ghoiru mahdoh. Keduanya merupakan sarana kita mendapatkan poin pahala dan ridho Allah Swt. Contoh dari ibadah ghoiru mahdhoh merupakan….
a. berkata sopan dengan sahabat dan guru
b. melakukan sholat jamaah di sekolah
c. melakukan puasa senin dan kamis
d. menunaikan zakat fitrah
40. Banyak sekali perbuatan sia-sia, hal tersebut disebabkan….
a. Tidak sempurna waktu melaksanakannya
b. Didasari dengan keimanan kepada Allah Swt
c. Sering dilakukan dengan mengharap pahala dari Allah Swt
d. lupa meluruskan niat bahwa yang kita lakukan semata-mata lantaran Allah Swt.
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Diantara fungsi Hadist terhadap Al-Qur’an merupakan mengukuhkan aturan yang sudah ada dalam Al-qur’an. Jelaskan maksudnya dan kompleksi dengan contoh!
2. Sosial Network menjadi tren di masa digital ini baik dikalangan elit, menengah atas bahkan dikalangan bawah, tak terkecuali pula para pelajar. Namun sangat diadminngkan apabila para pelajar itu terutama pelajar muslim yang risikonya meninggalkan nilai-nilai religinya demi kesenangan di dunia maya tersebut. Sebutkan 3 teladan sikap pelajar yang tak memakai Al-Qur’an dan Hadits dalam berteknologi!
3. Berilah 3 teladan masalah penyimpangan tauhid yang terjadi di lingkunganmu!
4. Susunlah potongan hadist berikut dengan benar dan terjemahkan!
5. Sebutkan 3 hal yang harus kita lakukan sehabis memahami isi kandungan QS. Al-Ikhlas!
1. Yang bukan merupakan pengertian Al-Qu’an merupakan....
a. Firman Allah yang diturunkan kepada Rasulullah Saw secara mutawatir sebagai pedoman hidup umat manusia
b. Sebuah kitab suci yang wajib diimani oleh seluruh umat Islam dan membacanya merupakan suatu ibadah
c. Kalam Allah yang disampaikan kepada seluruh Nabi dan Rasul-Nya secara berangsur-angsur
d. Wahyu Allah yang disampaikan kepada Nabi Muhammad Saw melalui mediator malaikat Jibril
2. Dari segi bahasa, Hadist terdapat kaya arti, diantaranya....
a. Nabi, sumber dan hukum
b. Baru, ucapan dan muda
c. Jejak, langkah dan peninggalan
d. Pedoman, kitab suci dan petunjuk
3. Arti Al-Qur’an berdasarkan bahasa merupakan....
a. aturan Islam c. pedoman
b. kitab suci d. bacaan
4. Al-Qur’an terdapat kaya nama lain yang sekaligus merupakan fungsinya bagi kehidupan umat manusia. Diantara nama lain Al-Qur’an merupakan Al-Dzikra, memperlihatkan bahwa Al-Qur’an terdapat fungsi sebagai....
a. obat semoga hati kita menjadi tenang
b. pengingat disaat kita lengah atau lupa
c. pembeda antara yang haq dan yang bathil
d. petunjuk jalan kita menuju kebahagiaan hakiki
5. Sebagaimana Al-Qur’an, Hadist pun terdapat sedikit nama lain yang juga merupakan fungsinya bagi kehidupan umat manusia. Diantara nama lain tersebut merupakan sunnah, yang berarti bahwa hadist merupakan....
a. pekompleks kisah yang belum terdapat dalam Al-Qur’an
b. tuntunan hidup yang dicontohkan dan bersumber dari Rasulullah Saw
c. aturan yang harus kita ikuti semoga menerima pahala, apabila tak tak apa-apa
d. aturan dan sumber aturan terpenting dalam kehidupan kita sehabis wafatnya Rasulullah Saw
6. Al-Qur’an juga terdapat nama lain ”Al-Busyro” yang berarti kabar baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan....
a. Kabar baik bagi umat Islam bahwa telah hadir kitab suci yang tak lekang oleh zaman
b. ayat-ayat rahmat yang terdapat dalam Al-Qur’an yang menjanapabilan nirwana bagi umat Islam yang bertaqwa.
c. Turunnya Nabi terakhir yang membawa kitab suci Al-Qur’an yang sudah usang disebut dalam kitab suci injil
d. Adanya orang yang berbuat baik, selain mereka yang kaya berbuat kemungkaran sesampai kemudian Islam tetap terjaga
7. Dalam Al-Qur’an disebutkan bahwasannya sholat diwajibkan pada waktu-waktu yang telah ditentukan, adapun waktu-waktu sholat lebih terperinci diterangkan dalam hadist, hal tersebut memperlihatkan bahwa hadist terdapat fungsi penting terhadap Al-Qur’an yaitu....
a. Membatasi keumuman Al-Qur’an
b. Menterangkan ayat-ayat Al-Qur’an yang bersifat global
c. Menetapkan aturan yang belum terdapat dalam Al-Qur’an
d. Sebagai pengukuh aturan yang telah disebutkan dalam Al-Qur’an
8. Liburan sekolah merupakan hal yang membosankan bagi Neyla, lantaran ia tak sanggup bertemu dengan teman-temannya. Di rumah ia hanya berteman dengan pembantunya, lagikan ayah dan ibunya sibuk dengan pekerjaannya yang menyita seluruh waktunya. Sebagai anak yang sanggup memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist dalam kehidupan pribadinya, Neyla seharusnya….
a. Mengajak pembantunya untuk membaca Al-Qur’an setiap saat
b. Mengingatkan ayah dan ibunya untuk tak terlalu sibuk dalam urusan duniawi
c. Memanfaatkan waktu luang dan kemudahan yang dimiliki untuk menambah kemampuan diri yang positif
d. Menikmati waktu luang dan segala fasilitasnya dengan santai dan mengundang teman-temannya untuk pesta
9. Perhatikan hal-hal berikut!
1. Menjaga nama baik negara kita
2. Memiliki bendera negara kita dan memasangnya setiap hari
3. Senantiasa berbuat baik hanya kepada seluruh warga Negara RI
4. Menyuruh segenap warga Negara RI untuk menghafal ayat-ayat Al-Qur’an
5. Ikut berpartisipasi semaksimal cukup dalam membangun kemajuan bangsa
6. Menjadi warga Negara yang baik dengan tetap berpegang teguh kepada aliran Islam
Pada pernyataan-pernyataan di atas yang merupakan sikap memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist dalam kehidupan bernegara, ditunjukkan pada nomor….
a. 1, 5 dan 6
b. 1, 2 dan 3
c. 2, 3 dan 4
d. 4, 5 dan 6
10. Banyak sekali cara kita untuk sanggup menyayangi Al-Qur’an, diantaranya dengan cara….
a. Menghafalkan sebagian ayat-ayatnya dengan senang
b. Menyimpannya ditempat yang kondusif dan terkunci
c. Membawanya ke daerah tidur kita setiap malam
d. Menciuminya setiap saat
11. Selain Al-Qur’an, kita juga seharusnya menyayangi Al-Hadist sebagai pedoman hidup kedua. Bukti kecintaan tersebut sanggup ditunjukkan dengan cara….
a. Mempelajari maknanya
b. Mengabaikan isi kandungannya
c. Menjadikannya sumber aturan utama
d. Membacanya dengan tartil sebagaimana Al-Qur’an
12. Maraknya hiburan dari dalam dan manca negara, menyebabkan para cowok kita jauh dari kitab suci yang seharusnya kerap dibacanya. Salah satu cara menumbuhkan rasa kecintaan kita terhadap Al-Qur’an yakni dengan cara….
a. Tidak mempelajari pelajaran lain selain Al-Qur’an
b. Selalu membawanya ke daerah hiburan yang kita sukai
c. Mempelajari Al-Qur’an dan mengaitkannya dengan sains
d. Tidak menyaksikan tayangan televisi selain program Al-Qur’an
13. Perhatikan ungkapan sedikit anak berikut!
Ardi = “Yes..! sudah bel masuk kelas, berarti ngaji kita berakhir. Lega..”
Firman = “Aduh, ngaji lagi..ngaji lagi. Kalo gini terus kan jadi ngantuk.”
Dwi = “Ndak papa lah, meskipun sebentar, namun kita punya hari ini baca Al-Qur’an.”
Ais = “tau kalo nganggur gini, mending gres saja bawa Juz Amma, kan sanggup nambah hafalan kita”
Ilham = “lihat tuh, si Aly kayak orang alim aja, bawa Al-Qur’an kemana-mana”
Bukti kecintaan kepada Al-Quran, salah satunya ditunjukkan dengan ungkapan….
a. Ardi dan Ilham c. Firman dan Ais
b. Dwi dan Ais d. Ardi dan Firman
14. Perhatikan sedikit dongeng berikut!
1. Arman memiliki kebiasaan makan sambil jalan, menurutnya hal itu sangat menyenangkan dilakukan ketika pulang sekolah bersama teman-temannya untuk menjaga kebersamaan
2. Di sekolah Fatma diajar ilmu Hadist, namun ia tak menyukai pelajaran tersebut lantaran ia merasa tak membutuhkannya ketika itu.
3. Adnan berniat menghafal hadist yang berkaitan dengan kesehariannya semoga ia sanggup mengamalkan isinya sesuai tuntunan Rasulullah Saw
4. Karena hadist jumlahnya ribuan dan tak cukup menghafalkan semua maka Tasya merasa keberatan untuk mempelajarinya di kelas
Dari sedikit masalah di atas, sikap seeorang yang menjaga hadist ditunjukkan dengan kisah nomor…
a. 1 b. 2 c. 3 d. 4
15. Jika seorang pelajar sanggup memakai Al-Qur’an dan hadist dalam kesehariannya, pastilah ia memiliki adat yang terpuji baik terhadap guru inginpun teman-temannya. di bawah ini sikap tersebut ditunjukkan oleh….
a. Sasa yang tak pernah terlambat mengumpulkan kiprah dari gurunya
b. Dodo yang tak pernah memperlihatkan sikap santun kepada bapak dan ibu gurunya
c. Ardian yang hampir setiap ahad melupakan kewajibannya untuk piket kebersihan kelas
d. Firman yang kerapkali membantu teman-temannya untuk mengerjakan soal ketika ujian berlangsung
16. Perhatikan percakapan berikut!
Azka :”Hai, semua….gimana nih program weekend kita? Makara kan ke rumahku, tak usah khawatir… mamaku udah ngizinin kok.”
Aldian : “aduh, gimana ya…aku sih bahwasanya kepingin, namun ibuku ada kaya kerjaan ketika itu, gimana saya izinnya?.”
Azka :”alaah..gampang, kau kan sanggup bilang ke ibumu bahwa kita akan mengerjakan kiprah sekolah, beres kan?”
Remo :”Wah, jangan Di… mendingan kau ndak usah ikut untuk yang kali ini, kasian ibu kamu, lagian hanyan nge game gini aja”
Azka :” eeh jangan meremehkan ya?! Dijamin sobat semua bakal rugi ndak mainin game baruku ini…made in Hongkong man….”
Remo :”yaaa…tergantung Aldi lah, ingin ikut atau tak, yang penting….aku kasih saran semoga tak usah ikutan main, mending di rumah aja siapa tahu ibunya butuh bantuannya.”
Dalam percakapan tersebut sikap yang sesuai dengan aliran Hadist merupakan perilaku….
a. Azka, lantaran ia ingin menyenangkan hati temannya walau dengan cara apapun
b. Semuanya, lantaran telah merencanakan program sedemikian rupa
c. Remo, lantaran mengingatkan temannya semoga tak salah melangkah
d. Aldi, lantaran selalu galau dengan apa yang mesti dilakukannya
17. Kinan sangat kesal lantaran adiknya,Vira, kerap mengambil tasnya tanpa izin. Kinan mencoba bersabar namun adiknya tak juga sadar atas kelakuannya. Hal yang mesti dilakukan Kinan untuk sanggup memakai Al-Qur’an dan Hadist dalam kehidupan keluarga merupakan....
a. Memarahinya dan memberinya pelajaran
b. Melaporkan hal tersebut kepada orang tuanya semoga dimarahi
c. Mengajaknya bicara baik-baik dan mengingatkan kesalahannya
d. Menasehatinya semoga membeli tas sendiri dan jangan pernah meminjam lagi
18. “yaitu jalan orang yang Engkau beri nikmat atas mereka” merupakan terjemahan dari ayat....
a. اهدنا الصراط المستقيم
b. غير المغضوب عليهم
c. صراط الذين أنعمت عليهم
d. غير المغضوب عليهم و لا الضالين
19. إياك نعبد و إياك نستعين
Arti kata yang bergaris bawah pada ayat tersebut di atas merupakan....
a. Kami menyembah
b. Kami menyembahMu
c. Kami mohon pertolongan
d. Hanya kepadaMu kami mohon pertolongan
20. “dari kejahatan bisikan setan yang bersembunyi” merupakan terjemahn dari ayat….
a. مِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ
b. مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ
c. الذي يوسوس في صدور الناس
d. مِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ
21. إِلَٰهِ النَّاسِ
Makna ayat di atas merupakan....
a. Allah lah satu-satunya yang wajib dimintai pertolongan
b. Hanya Allah lah yang wajib disembah dan daerah mengabdi
c. Kepada Allah lah Jin dan insan minta pertolongan dan perlindungan
d. Manusia tak akan sanggup berbuat apa-apa tanpa Allah yang mengatur urusannya
22. “dan dari kejahatan kegelapan malam apabila ia telah gelap” merupakan terjemahan dari
a. مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ
b. وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ
c. ِمِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ
d. وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ
23. “Allah daerah bergantung segala sesuatu” merupakan terjemahan dari....
a. QS. Al-Naas 3
b. QS. Al-Fatihah 4
c. QS. Al-Ikhlas 2
d. QS. Al-Falaq 4
24. Manakah diantara pasangan ayat dan penterangannya berikut yang sesuai?
25. Berikut ini ayat yang memperlihatkan keesaan Allah merupakan….
a. و من شر النفاثات في العقد
b. صراط الذين أنعمت عليهم
c. ولم يكن له كفوا أحد
d. من شر الوسواس الخناس
26. Perilaku penyimpangan tauhid sanggup dilihat dari teladan kasus....
a. Arman selalu berdoa di makam leluhurnya menjelang Ujian Akhir Semester untuk meminta semoga dimudahkan dalam mengerjakan soal.
b. Karin meminta maaf kepada seluruh bapak dan ibu gurunya setiap selesai semester dan memohon semoga dia mendoakan untuk kesuksesannya.
c. Niluh senang mengunjungi panti asuhan untuk mengembangkan kebahagiaan bersama bawah umur yatim dengan menawarkan sebagian harta yang dimilikinya.
d. Raka tak ingin mempercayai ramalan apapun, lantaran ia tahu bahwa hal tersebut merupakan perbuatan syirik
27. Hasidah kesal dan galau melihat Adina, sahabat sekelasnya tersebut menerima perhatian para guru lantaran hasil ulangannya yang selalu menerima nilai tertinggi, risikonya ia berbisnis menghembuskan info tak sedap dikalangan teman-teman lainnya seputar Adina. Adina tak mempedulikannya lantaran baginya cukup Allah yang sanggup melindunginya dari informasi tersebut. sikap Adina sesuai dengan penerapan….
a. QS. Al-Fatihah ayat 1
b. QS. An-Naas ayat 4
c. QS. Al-Falaq ayat 5
d. QS. Al-Ikhlas ayat 3
28. ”Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir ”firman Allah dalam QS.Qaaf ayat 18 tersebut sesuai dengan potongan hadist....
a. حَتَّى يَكُوْنُ هَوَاهُ تَبَعًا c. أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلآئِكَتِه
b. ليس عليه أمرنا فهو ردّ d. من عمل عملا
29. لا يؤمن أحدكم ....
Kata untuk mekompleksi hadist tersebut merupakan....
a.حتى يكون هواه تبعا لما جئت به
b. بالله وملائكته وكتبه ورسله
c. وقول باللسان
d. فهو رد
30. أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلآئِكَتِهِ .... وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَ شَرِّهِ
a. وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَ كُتُبِهِ وَرُسُلِهِ
b. وَرُسُلِهِ وَ كُتُبِهِ وَالْيَوْمِ الآخِر
c. وَ كُتُبِهِ وَالْيَوْمِ الآخِر وَرُسُلِهِ
d. وَ كُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِر
31. وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَ شَرِّهِ
Arti potongan hadist tersebut di atas merupakan....
a. Beriman kepada qadha dan qadar
b. Beriman kepada taqdir baik bukan taqdir yang buruk
c. Dan hendaknya kau percaya kepada taqdir baik dan buruk
d. Percayalah kau kepada taqdir baik dan jelek dari Allah Swt
32. حتى يكون هواه تبعا لما جئت به
Kata yang bergaris bawah pada potongan hadist tersebut bermakna....
a. mengikuti
b. hawa nafsunya
c. ajaran yang saya bawa
d. mengikuti ajaran
33. فإن الله لا يقبل من الأعمال إلا ما خلص له
Yang merupakan makna potongan hadist di atas merupakan....
a. Jangan lupa untuk nrimo dalam berinfak setiap saat
b. Allah menyukai orang yang berinfak dengan ikhlas
c. Allah tak mendapatkan perbuatan seseorang tanpa disertai keikhlasan
d. Allah tak mewajibkan seseorang untuk berinfak tanpa keikhlasan
34. Syarifa seorang pelajar yang lagi menghadapi dilema kepercayaan diri, ia merasa dirinya tak disukai teman-temannya, padahal ia sudah berbisnis berbuat dan berperilaku baik dengan siapapun. Akhirnya ia merasa Allah Swt tak adil padanya. Hal tersebut merupakan tindakan yang....
a. Dapat melemahkan iman
b. Tidak mempercayai Allah
c. Dapat meningkatkan ketaqwaan
d. sesuai dengan ciri orang yang beriman
35. Perhatikan hal-hal berikut!
1. Melaksanakan sholat lantaran Allah semata
2. Membaca Al-Qur’an dengan merenungkan maknanya
3. Bersedekah dengan tanpa pamrih
4. Melaksanakan sholat dhuha lantaran peraturan sekolah
5. Berpuasa ramadhan 30 hari penuh.
Dari pernyataan di atas yang merupakan indikator ibadah yang diterima Allah merupakan pernyataan nomor....
a. 1 dan 3 b. 2 dan 4 c. 3 dan 5 d. 4 dan 5
36. Seseorang yang benar-benar beriman akan sanggup mengaplikasikan keimanannya dalam perbuatannya, hal tersebut sanggup dicontohkan dalam sikap seseorang yang….
a. aib dalam hal kebaikan
b. mengingat Allah ketika dalam sholat saja
c. senantiasa aib untuk berbuat dosa dan maksiat
d. melakukan kewajibannya apabila tak mengganggu urusan pribadinya
37. Riska selalu melakukan sholat shubuh dua kali setiap pagi, lantaran ia menginginkan pahala yang lebih. Hal tersebut merupakan….
a. Perbuatan yang sia-sia menghabiskan tenaga
b. Keputusan sempurna untuk menambah tabungan alam abadi kita
c. Amal yang tak ada tuntunannya dan tak diterima Allah
d. Amal yang disukai Allah Swt lantaran menambah kualitas ibadah kepadaNya
38. Perhatikan kisah berikut!
1. Fahry mengaku beriman kepada Allah dan para Rasul Nya, ia pun mengaku sangat menyayangi keduanya. Namun perilakunya jauh dari sikap yang dicontohkan Nabi dan ia ibarat tak merasa bahwa Allah selalu mengamati perilakunya.
2. Indra pelajar MTs yang sangat aktif, selain organisasi ia juga tergolong siswa yang terdapat prestasi akademik yang gemilang. Namun, yang paling membanggakan orang tuanya merupakan bahwa ia sangat rajin melakukan kewajibannya kepada Allah Swt.
3. Imelda percaya dengan kemampuan dirinya untuk meraih nilai tertinggi, maka ia tak peduli dengan saran orang tuanya untuk menjaga kesehatannya dan tak lupa berdoa memohon pertolongan Allah Swt semoga semua sesuai dengan harapannya.
4. Bagi Rama, music merupakan jiwanya. Sesampai kemudian ia tak akan sanggup berguru tanpa mendengarnya, tak sanggup mencicipi lezatnya masakan tanpa ada music di dekatnya, bahkan di ketika sholatpun, seakan ia mendengarkan alunan music dalam hatinya.
Perilaku seseorang yang kurang memperhatikan kualitas keimanannya ditunjukkan pada kisah….
a. Indra c. Rama dan Indra
b. Fahry dan Imelda d. Fahry, Imelda dan Rama
39. Ada ibadah mahdoh ada juga ibadah ghoiru mahdoh. Keduanya merupakan sarana kita mendapatkan poin pahala dan ridho Allah Swt. Contoh dari ibadah ghoiru mahdhoh merupakan….
a. berkata sopan dengan sahabat dan guru
b. melakukan sholat jamaah di sekolah
c. melakukan puasa senin dan kamis
d. menunaikan zakat fitrah
40. Banyak sekali perbuatan sia-sia, hal tersebut disebabkan….
a. Tidak sempurna waktu melaksanakannya
b. Didasari dengan keimanan kepada Allah Swt
c. Sering dilakukan dengan mengharap pahala dari Allah Swt
d. lupa meluruskan niat bahwa yang kita lakukan semata-mata lantaran Allah Swt.
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Diantara fungsi Hadist terhadap Al-Qur’an merupakan mengukuhkan aturan yang sudah ada dalam Al-qur’an. Jelaskan maksudnya dan kompleksi dengan contoh!
2. Sosial Network menjadi tren di masa digital ini baik dikalangan elit, menengah atas bahkan dikalangan bawah, tak terkecuali pula para pelajar. Namun sangat diadminngkan apabila para pelajar itu terutama pelajar muslim yang risikonya meninggalkan nilai-nilai religinya demi kesenangan di dunia maya tersebut. Sebutkan 3 teladan sikap pelajar yang tak memakai Al-Qur’an dan Hadits dalam berteknologi!
3. Berilah 3 teladan masalah penyimpangan tauhid yang terjadi di lingkunganmu!
4. Susunlah potongan hadist berikut dengan benar dan terjemahkan!
أعمالكم – فإن الله – الأعمال – اخلصوا- ما – خلص له – لله – لا يقبل – من
5. Sebutkan 3 hal yang harus kita lakukan sehabis memahami isi kandungan QS. Al-Ikhlas!
Jangan lupa share artikel ini apabila bermanfaat dan kunjungi selalu kajian.me untuk update seputar kajian Islam lainnya kajian.me semoga bermanfaat. Aamiin
Sumbernya dari bacaan madani
0 Response to "Soal Ujian Simpulan Semester Ganjil Al-Qur’An Hadits Objektif Dan Essay Kelas 7 Mts"
Posting Komentar