Soal Ujian Semester Ganjil Al-Qur'an Hadits Objektif Dan Essay Kelas 9 Mts
Pilihan jawaban yang paling benar!
1 Suatu kalimat disebut dengan bacaan mad shilah qashirah apabila ....
a. ada mad bertemu dengan ha’ dlamir
b. terdapat ha’ dhamir bertemu hamzah
c. ada ha’ dhamir tak bertemu hamzah
d. harakat sukun didahului oleh hamzah dlamir
2 Ketentuan aturan bacaan mad silah thowilah merupakan....
a. apa kalau terdapat hamzah bertemu alif
b. apabila alif didahului oleh hamzah dlamir
c. apabila ada mad bertemu dengan ha’ dlamir
d. apabila ada mad silah qashirah bertemu hamzah
3 Perhatikanlah kepingan ayat-ayat berikut
1. فَهُوَ فِي عِيْشَةٍ رَّاضِيَةٍ
2. وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهُ
3. فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ
4. وَمَاأَدْرَاكَ مَاهِيَهْ
Bacaan mad silah qasirah pada ayat merupakan ....
a. 1. b. 2 c. 3 d. 4
4. Perhatikan ayat berikut!
وَلاَيُوثِقُ وَثَاقَهُ أَحَدُ
Cara membaca ayat yang bergaris bawah tersebut merupakan dengan....
a. ditahan 4 harakat.
b. ditekan dan ditahan.
c. panjang 2 harakat.
d. panjang 5 harakat.
5. Suatu lafadz kalimat disebut dengan bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi apabila ada....
a. aksara mad yang diikuti harakat tasydid dan diidzghamkan.
b. aksara mad yang diikuti harakat sukun dan diidzghamkan.
c. aksara mad yang tak diikuti harakat tasydid dan diidzghamkan.
d. aksara mad yang diikuti harakat sukun dan tak diidzghamkan.
6. Bacaan mad lazim mutsaqqol kilmi merupakan apabila ada mad bertemu dengan ....
a. sukun di lain kata dan di-idzgham-kan.
b. tasydid di satu kata dan di-idzgham-kan.
c. sukun dalam satu kata dan di-idzgham-kan.
d. tasydid di satu kata dan tak di-idzgham-kan.
7 Perhatikanlah kalimat-kalimat berikut ini!
1. ءَآلْئَانَ وَقَدْ كُنتُم بِهِ تَسْتَعْجِلُونَ
2. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
3. فَإِذَا جَآءَتِ الطَّآمَّةُ الْكُبْرَى.
4. إِنَّمَآ أَنتَ مُنذِرُ مَن يَخْشَاهَا
Diantara kalimat tersebut yang termasuk bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi merupakan ....
a. (4) b. ( 3) . c. (2) . d. (1)
8 Perhatikanlah kalimat-kalimat berikut ini!
1. ءَآلْئَانَ وَقَدْ كُنتُم بِهِ تَسْتَعْجِلُونَ
2. قُلْ ءَآلذَّكَرَيْنِ حَرَّمَ أَمِ اْلأُنثَيَيْنِ
3. فَإِذَا جَآءَتِ الطَّآمَّةُ الْكُبْرَى.
4. وَلاَ يُوْثِقُ وَثاَقَهُ اَحَدٌ
Diantara kalimat tersebut yang terdapat bacaan mad farqi merupakan ....
a. (1) b. ( 2) . c. (3) . d. (4)
9. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!:
1. وَالسَّمَآءِ ذَاتِ الْبُرُوجِ
2. وَحَدَآئِقَ غُلْبًا
3. أَنْ جَآءَهُ اْلأَعْمَى.
4. وَوَجَدَكَ ضَآالاًّفَهَدًى
Diantara kalimat tersebut yang mempunyai kandungan aturan bacaan mad lazim musaqqol kilmi merupakan ....
a. (4) b. ( 3) . c. (2) . d. (1)
10. Perhatikan dengan seksama ayat berikut :
قُلْ ءَآللهُ أَذِنَ لَكُمْ...
Cara membaca kalimat yang bergaris bawah tersebut merupakan:
a. panjang 1 alif dan tak diidzghamkan.
b. panjang 2 alif dan tak diidzghamkan.
c. panjang 3 alif dan diidzghamkan.
d. panjang 4 alif dan diidzghamkan.
11. Cermatilah ayat berikut!
وَإِذَا رَأَوْهُمْ قَالُوا إِنَّ هَآؤُلآَءِ لَضّآلُّونَ
Cara membaca bacaan kalimat yang bergaris bawah berikut merupakan ....
a. panjang 4 alif dan bunyi diringankan dan diidzghamkan.
b. panjang 3 alif bunyi di beratkan dan diidzghamkan.
c. panjang 2 alif bunyi diringankan dan diidzghamkan.
d. panjang 1 alif bunyi di beratkan dan diidzghamkan.
12. Perhatikanlah ayat berikut!
وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهُ {8} فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ {9}
Isi kandungan dari ayat berikut merupakan ….
a. Semua orang akan menerima tempat yang menyenangkan
b. orang akan menerima tempat nirwana menyenangkan
c. orang yang berat timbangan kebaikannya, akan masuk surga
d. orang yang ringan timbangan kebaikannya, akan masuk neraka
13. Perhatikanlah ayat berikut!
وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شّرًّا يَرَهُ
Isi kandungan dari ayat berikut merupakan ….
a. Semua amal perbuatan insan akan dipertanggungjawabkan.
b. Semua gunung akan hilang pada hari kiamat.
c. Seluruh perbuatan jelek akan ditampakkan blasannyat.
d. Semua perbuatan baik akan ditunjukkan kepadanya balasannya.
14. Perhatikanlah ayat berikut!
يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِ
Terjemah dari ayat tersebut merupakan....
a. Dia dalam kehidupan yang memuaskan
b. Adapun orang yang berat timbangannya
c. Pada hari itu insan merupakan menyerupai anai-anai yang bertebaran
d. Yang ringan timbangan (keburukannya), tempat kembalinya neraka
15. Perhatikan ayat berikut!
وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِ
Arti dari ayat di atas merupakan .....
a. Adapun orang yang berat tibangan (kebaikannya)
b. Adapun orang yang bera tibangan (keburukannya)
c. dan gunung-gunung merupakan menyerupai bulu yang dihambur-hamburkan
d. Adapun orang yang berat timbangannya kebaikannya
16. Ayat yang artinya pada hari itu bumi menceritakan beritanya merupakan ....
a. وَوَجَدَكَ ضَآلاًّفَهَدًى
b. وَلاَ يُوْثِقُ وَثاَقَهُ اَحَدٌ
c. يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا
d. فَهُوَ فِى عِيْشَةٍ رَاضِيَةٍ
17. Ayat yang artinya Pada hari itu insan keluar dari kuburnya dalam keadaan yang bermacam-macam, supaya diperlihatkan (balasan) pekerjaan mereka merupakan ....
a. وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شّرًّا يَرَهُ
b. يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِ
c. فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ
d. يَوْ مَئِذٍ يَصْدُرُالنَّاسُ أَشْتَا تًا لِّيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ
18 Terjemah yang sempurna untuk ayat yang bergaris bawah berikut merupakan ....
وَقَالَ الإْ نْسَانُ مَالَهَا
a. Barang siapa mengerjakan
b. Sebesar biji sawi (yang amat kacil)
c. Semua kebaikan akan diperlihatkan
d. dan insan bertanya:"Mengapa bumi (jadi begini)"
19 Terjemahan dari ayat 5 al Zalzalah berikut merupakan ....
وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شّرًّا يَرَهُ
a. alasannya yaitu sebenarnya Rabbmu telah memerintahkan (yang demikian itu) kepadanya.
b. Siapa yang berbuat jelek sekecil apapun akan ditampakkan balasannya.
c. Semua kebaikan akan menerima balasannya.
d. Semua keburukan akan menerima balasannya.
20. Perhatikan ayat berikut!
1. وَمَاأَدْرَاكَ مَاالْقَارِعَةُ
2. وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُه. فُامُّهُ هَاوِيَة
3. بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحى لَهَا
4. يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا
Di antara ayat di atas berikut yang ada kaitannya dengan aturan alasannya yaitu akhir merupakan ....
a. (1) b. ( 2) . c. (3) . d. (4)
21. ayat yang bekerjasama dengan aturan alam dari QS. al Zalzalah terdapat merupakan ....
a. فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ
b. وَأَخْرَجَتِ اْلأَرْضُ أَثْقَالَهَا
c. وَقَالَ اْلإِنْسَانُ مَا لَهَا
d. يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا
22. Isi kandungan dari ayat berikut merupakan ….
. يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِ
a. pada hari simpulan zaman gunung-gunung meletus.
b. bumi mengluarkan semua beban beratnya.
c. insan sama kebingungan dan bertanya-tanya.
d. pada hari simpulan zaman insan berhamburan bagaikan anai-anai.
23. Makna yang terkandung dalam ayat berikut merupakan….
a. dikala kiamat, gunung-gunung dihamburkan.
b. keadaan insan menyerupai anai-anai yang beterbangan.
c. insan akan mendapatkan akhir perbuatannya sendiri.
d. gunung-gunung akan meleleh.
24. Ada simpulan zaman sughra dan simpulan zaman qubra. Yang dimaksud qiyamat qubra merupakan ....
a. bencana dan musibah yang pernah terjadi di bumi.
b. hancurnya sarana kehidupan dan matinya semua makhluk.
c. berakhirnya kehidupan dunia dan dimulainya kehidupan akhirat.
d. Peristiwa hancurnya alam semesta dan berakhirnya kehidupan dunia.
25. Berikut ini yang bukan termasuk musibah merupakan....
a. kecelakaan yang mengakibatkan matinya seluruh penumpang.
b. banjir bandang yang menelan kaya korban jiwa dan harta.
c. gempa bumi yang menimbulkan kerusakan yang besar.
d. terjadinya tsunami yang menghancurkan tempat pesisir.
26. Bumi dan isinya diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun kerap perilaku insan menjadi alasannya yaitu rusaknya alam, contohnya ….
a. penangkapan ikan dengan pukat hariingin.
b. penggunaan racun untuk membunuh serangga.
c. menampung sampah di satu tempat.
d. rusaknya pemukiman warga.
27. Dengan memperhatikan kayanya tragedi banjir yang melanda pemukiman penduduk dan di bantaran sungai di perkotaan, kita sanggup mengambil pelajaran bahwa, hal itu sanggup terjadi disebabkan oleh ….
a. semakin rusaknya lingkungan yang ada.
b. kayanya bendungan yang dibangun.
c. jarangnya waduk penampungan.
d. derasnya hujan yang turun.
28. Salah satu kiprah manuasia merupakan menjaga kelestarian lingkungan alam. Agar hal itu sanggup terlaksana, maka salah satu yang sanggup dilakukan merupakan dengan …..
a. Memilah antara sampah kering dengan sampah yang basah
b. Membenahi perkakas rumah tangga
c. mengadakan gerakan peduli anak yatim
d. peduli terhadap keadaan masyarakat miskin
29. Cara yang diajarkan Islam semoga alam tetap terjaga kelestariannya dan tak terjadi musibah merupakan ….
a. memanfaatkan kekayaan alam yang ada dan senantiasa taat kepadaNya.
b. senantiasa berdo’a siang dan malam secara bersama-sama.
c. tak memakai hasil hutan dan alam.
d. menghindari pengunaan materi berbahaya.
30. Kalimat yang sempurna untuk menyempurnakan hadis berikut merupakan ….
قال رسول الله ص.م .... أَرْضًا مَيِّتَةً فَهِيَ لَه.
a. مَنْ أَحْيى
b. وَ الْبَهَائِمِ
c. لِمَاشِيَتِهِ
d. ذِرَاعًا
31. Arti yang sempurna untuk kalimat yang bergris bawah berikut merupakan ….
ألنبي صلى الله عليه وسلم.نهى صيرالروح وعن اخصاءالبهائم نهياشديدا
a. Melarang menyiksa binatang.
b. Melarang mengebiri yang bernyawa.
c. Melarang mengurung yang bernyawa.
d. Melarang membunuh yang bernyawa.
32. Terjemahan dari kalimat yang bergaris bawah berikut merupakan ….
ألنبي صلى الله عليه وسلم.نهى صيرالروح وعن اخصاءالبهائم نهياشديدا
a. mengebiri kuda
b. mengebiri binatang
c. melarang mengebiri
d. melarang mengebiri kuda
33. نَهَى رَسُوْلُ الله ص.م عَنْ إِخْصَاءِ الْخَيْلِ وَ الْبَهَائِمِ (رواه أحمد)
Terjemahan dari kalimat yang bergaris bawah diatas merupakan ….
a. Rasulullah saw. melarang.
b. Rasulullah saw. memsupayakan.
c. Rasulullah saw. menganjurkan.
d. Rasulullah saw. memerintahkan.
34. Artika kalimat نَهْيًا شَدِيْدًا dalam hadis Rasulullah Saw. terdapat arti ....
a. boleh dilakukan.
b. dihentikan melakukan.
c. larangan yang keras.
d. sangat diperintahkan.
35. Perhatikanlah potongan-potongan hadis berikut!
صَيْرِ (1) نَهَى (2) الرُّوْحِ (3) وَ عَنْ إِخْصَاءِ...(4)
Urutan yang sempurna dari potongan kalimat di atas merupakan ….
a. 2, 1, 4, 3.
b. 2, 3, 1, 4.
c. 2, 1, 3, 4.
d. 3, 2, 1, 4.
36. Khasiat eksklusif yang sanggup dirasakan dari hadis perihal proposal menghidupkan bumi yang mati merupakan ….
a. terpenuhinya kebutuhan mahluk hidup.
b. adanya hubungan saling membutuhkan antara mahluk hidup.
c. alam akan memberi manfaat yang besar bagi kehidupan.
d. adanya keserasian antara daratan dan lautan.
37. Aktifitas berikut ini yang merupakan perbuatan menjaga kelestarian lingkungan merupakan
a. penggunaan pupuk kimia di setiap tanaman.
b. pemberantasan hama dengan memakai pestisida.
c. penggunaan pupuk sangkar yang kaya pada setiap tanaman.
d. membuat flora buatan untuk keindahan taman.
38. Berikut ini merupakan hal yang sanggup kita lakukan semoga kelestarian alam tetap terjaga merupakan….
a. membatasi pemakaian materi bakar minyak.
b. membuat pagar rumah dengan flora hidup.
c. membangun rumah dengan materi kayu yang langka.
d. menghiasi pekarangan rumah dengan aneka bunga.
39. Akibat eksklusif dari pemburuhan besar besaran terhadap satu jenis spesies hewan tertentu, maka akan menimbulkan ….
a. munculnya jenis hewan yang gres .
b. semakin kayanya hewan langka.
c. ketakseimbangan ekosistem.
d. punahnya hewan tertentu.
40. Pembalakan hutan liar yang tak terkendali akan menjadi alasannya yaitu ….
a. Akan terjadi pengikisan .
b. terjadi sunami .
c. punahnya hewan purba.
d. terjadi banjir di tempat hilir.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
41. Jelaskan aturan bacaan yang terdapat pada kalimat yang bergaris bawah berikut ini dan bagaimana cara membacanya !
الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ
42. Terjemahkanlah ayat berikut!
وَمَاأَدْرَاكَ مَاهِيَهْ {10} نَارٌحَامِيَةُ {11}
43. Jelaskanlah isi kandungan dari ayat berikut!
يَوْ مَئِذٍ يَصْدُرُالنَّاسُ أَشْتَا تًا لِّيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ
44. Tulislah sebuah hadis yang terjemahnya sebagai berikut! “Barang siapa menggali sumur, maka ia berhak 40 hasta, sebagai sangkar ternaknya”. (HR. Ibnu Majah)
45. Jelaskanlah pelajaran yang sanggup diambil dari hadis berikut!
نَهَى رَسُوْلُ الله ص.م عَنْ إِخْصَاءِ الْخَيْلِ وَ الْبَهَائِمِ (رواه أحمد)
Jangan lupa share artikel ini apabila bermanfaat dan kunjungi selalu kajian.me untuk update seputar kajian Islam lainnya kajian.me semoga bermanfaat. Aamiin. Sumbernya dari bacaan madani
1 Suatu kalimat disebut dengan bacaan mad shilah qashirah apabila ....
a. ada mad bertemu dengan ha’ dlamir
b. terdapat ha’ dhamir bertemu hamzah
c. ada ha’ dhamir tak bertemu hamzah
d. harakat sukun didahului oleh hamzah dlamir
2 Ketentuan aturan bacaan mad silah thowilah merupakan....
a. apa kalau terdapat hamzah bertemu alif
b. apabila alif didahului oleh hamzah dlamir
c. apabila ada mad bertemu dengan ha’ dlamir
d. apabila ada mad silah qashirah bertemu hamzah
3 Perhatikanlah kepingan ayat-ayat berikut
1. فَهُوَ فِي عِيْشَةٍ رَّاضِيَةٍ
2. وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهُ
3. فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ
4. وَمَاأَدْرَاكَ مَاهِيَهْ
Bacaan mad silah qasirah pada ayat merupakan ....
a. 1. b. 2 c. 3 d. 4
4. Perhatikan ayat berikut!
وَلاَيُوثِقُ وَثَاقَهُ أَحَدُ
Cara membaca ayat yang bergaris bawah tersebut merupakan dengan....
a. ditahan 4 harakat.
b. ditekan dan ditahan.
c. panjang 2 harakat.
d. panjang 5 harakat.
5. Suatu lafadz kalimat disebut dengan bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi apabila ada....
a. aksara mad yang diikuti harakat tasydid dan diidzghamkan.
b. aksara mad yang diikuti harakat sukun dan diidzghamkan.
c. aksara mad yang tak diikuti harakat tasydid dan diidzghamkan.
d. aksara mad yang diikuti harakat sukun dan tak diidzghamkan.
6. Bacaan mad lazim mutsaqqol kilmi merupakan apabila ada mad bertemu dengan ....
a. sukun di lain kata dan di-idzgham-kan.
b. tasydid di satu kata dan di-idzgham-kan.
c. sukun dalam satu kata dan di-idzgham-kan.
d. tasydid di satu kata dan tak di-idzgham-kan.
7 Perhatikanlah kalimat-kalimat berikut ini!
1. ءَآلْئَانَ وَقَدْ كُنتُم بِهِ تَسْتَعْجِلُونَ
2. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
3. فَإِذَا جَآءَتِ الطَّآمَّةُ الْكُبْرَى.
4. إِنَّمَآ أَنتَ مُنذِرُ مَن يَخْشَاهَا
Diantara kalimat tersebut yang termasuk bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi merupakan ....
a. (4) b. ( 3) . c. (2) . d. (1)
8 Perhatikanlah kalimat-kalimat berikut ini!
1. ءَآلْئَانَ وَقَدْ كُنتُم بِهِ تَسْتَعْجِلُونَ
2. قُلْ ءَآلذَّكَرَيْنِ حَرَّمَ أَمِ اْلأُنثَيَيْنِ
3. فَإِذَا جَآءَتِ الطَّآمَّةُ الْكُبْرَى.
4. وَلاَ يُوْثِقُ وَثاَقَهُ اَحَدٌ
Diantara kalimat tersebut yang terdapat bacaan mad farqi merupakan ....
a. (1) b. ( 2) . c. (3) . d. (4)
9. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!:
1. وَالسَّمَآءِ ذَاتِ الْبُرُوجِ
2. وَحَدَآئِقَ غُلْبًا
3. أَنْ جَآءَهُ اْلأَعْمَى.
4. وَوَجَدَكَ ضَآالاًّفَهَدًى
Diantara kalimat tersebut yang mempunyai kandungan aturan bacaan mad lazim musaqqol kilmi merupakan ....
a. (4) b. ( 3) . c. (2) . d. (1)
10. Perhatikan dengan seksama ayat berikut :
قُلْ ءَآللهُ أَذِنَ لَكُمْ...
Cara membaca kalimat yang bergaris bawah tersebut merupakan:
a. panjang 1 alif dan tak diidzghamkan.
b. panjang 2 alif dan tak diidzghamkan.
c. panjang 3 alif dan diidzghamkan.
d. panjang 4 alif dan diidzghamkan.
11. Cermatilah ayat berikut!
وَإِذَا رَأَوْهُمْ قَالُوا إِنَّ هَآؤُلآَءِ لَضّآلُّونَ
Cara membaca bacaan kalimat yang bergaris bawah berikut merupakan ....
a. panjang 4 alif dan bunyi diringankan dan diidzghamkan.
b. panjang 3 alif bunyi di beratkan dan diidzghamkan.
c. panjang 2 alif bunyi diringankan dan diidzghamkan.
d. panjang 1 alif bunyi di beratkan dan diidzghamkan.
12. Perhatikanlah ayat berikut!
وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهُ {8} فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ {9}
Isi kandungan dari ayat berikut merupakan ….
a. Semua orang akan menerima tempat yang menyenangkan
b. orang akan menerima tempat nirwana menyenangkan
c. orang yang berat timbangan kebaikannya, akan masuk surga
d. orang yang ringan timbangan kebaikannya, akan masuk neraka
13. Perhatikanlah ayat berikut!
وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شّرًّا يَرَهُ
Isi kandungan dari ayat berikut merupakan ….
a. Semua amal perbuatan insan akan dipertanggungjawabkan.
b. Semua gunung akan hilang pada hari kiamat.
c. Seluruh perbuatan jelek akan ditampakkan blasannyat.
d. Semua perbuatan baik akan ditunjukkan kepadanya balasannya.
14. Perhatikanlah ayat berikut!
يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِ
Terjemah dari ayat tersebut merupakan....
a. Dia dalam kehidupan yang memuaskan
b. Adapun orang yang berat timbangannya
c. Pada hari itu insan merupakan menyerupai anai-anai yang bertebaran
d. Yang ringan timbangan (keburukannya), tempat kembalinya neraka
15. Perhatikan ayat berikut!
وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِ
Arti dari ayat di atas merupakan .....
a. Adapun orang yang berat tibangan (kebaikannya)
b. Adapun orang yang bera tibangan (keburukannya)
c. dan gunung-gunung merupakan menyerupai bulu yang dihambur-hamburkan
d. Adapun orang yang berat timbangannya kebaikannya
16. Ayat yang artinya pada hari itu bumi menceritakan beritanya merupakan ....
a. وَوَجَدَكَ ضَآلاًّفَهَدًى
b. وَلاَ يُوْثِقُ وَثاَقَهُ اَحَدٌ
c. يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا
d. فَهُوَ فِى عِيْشَةٍ رَاضِيَةٍ
17. Ayat yang artinya Pada hari itu insan keluar dari kuburnya dalam keadaan yang bermacam-macam, supaya diperlihatkan (balasan) pekerjaan mereka merupakan ....
a. وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شّرًّا يَرَهُ
b. يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِ
c. فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ
d. يَوْ مَئِذٍ يَصْدُرُالنَّاسُ أَشْتَا تًا لِّيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ
18 Terjemah yang sempurna untuk ayat yang bergaris bawah berikut merupakan ....
وَقَالَ الإْ نْسَانُ مَالَهَا
a. Barang siapa mengerjakan
b. Sebesar biji sawi (yang amat kacil)
c. Semua kebaikan akan diperlihatkan
d. dan insan bertanya:"Mengapa bumi (jadi begini)"
19 Terjemahan dari ayat 5 al Zalzalah berikut merupakan ....
وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شّرًّا يَرَهُ
a. alasannya yaitu sebenarnya Rabbmu telah memerintahkan (yang demikian itu) kepadanya.
b. Siapa yang berbuat jelek sekecil apapun akan ditampakkan balasannya.
c. Semua kebaikan akan menerima balasannya.
d. Semua keburukan akan menerima balasannya.
20. Perhatikan ayat berikut!
1. وَمَاأَدْرَاكَ مَاالْقَارِعَةُ
2. وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُه. فُامُّهُ هَاوِيَة
3. بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحى لَهَا
4. يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا
Di antara ayat di atas berikut yang ada kaitannya dengan aturan alasannya yaitu akhir merupakan ....
a. (1) b. ( 2) . c. (3) . d. (4)
21. ayat yang bekerjasama dengan aturan alam dari QS. al Zalzalah terdapat merupakan ....
a. فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ
b. وَأَخْرَجَتِ اْلأَرْضُ أَثْقَالَهَا
c. وَقَالَ اْلإِنْسَانُ مَا لَهَا
d. يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا
22. Isi kandungan dari ayat berikut merupakan ….
. يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِ
a. pada hari simpulan zaman gunung-gunung meletus.
b. bumi mengluarkan semua beban beratnya.
c. insan sama kebingungan dan bertanya-tanya.
d. pada hari simpulan zaman insan berhamburan bagaikan anai-anai.
23. Makna yang terkandung dalam ayat berikut merupakan….
وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَا لْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِ
a. dikala kiamat, gunung-gunung dihamburkan.
b. keadaan insan menyerupai anai-anai yang beterbangan.
c. insan akan mendapatkan akhir perbuatannya sendiri.
d. gunung-gunung akan meleleh.
24. Ada simpulan zaman sughra dan simpulan zaman qubra. Yang dimaksud qiyamat qubra merupakan ....
a. bencana dan musibah yang pernah terjadi di bumi.
b. hancurnya sarana kehidupan dan matinya semua makhluk.
c. berakhirnya kehidupan dunia dan dimulainya kehidupan akhirat.
d. Peristiwa hancurnya alam semesta dan berakhirnya kehidupan dunia.
25. Berikut ini yang bukan termasuk musibah merupakan....
a. kecelakaan yang mengakibatkan matinya seluruh penumpang.
b. banjir bandang yang menelan kaya korban jiwa dan harta.
c. gempa bumi yang menimbulkan kerusakan yang besar.
d. terjadinya tsunami yang menghancurkan tempat pesisir.
26. Bumi dan isinya diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun kerap perilaku insan menjadi alasannya yaitu rusaknya alam, contohnya ….
a. penangkapan ikan dengan pukat hariingin.
b. penggunaan racun untuk membunuh serangga.
c. menampung sampah di satu tempat.
d. rusaknya pemukiman warga.
27. Dengan memperhatikan kayanya tragedi banjir yang melanda pemukiman penduduk dan di bantaran sungai di perkotaan, kita sanggup mengambil pelajaran bahwa, hal itu sanggup terjadi disebabkan oleh ….
a. semakin rusaknya lingkungan yang ada.
b. kayanya bendungan yang dibangun.
c. jarangnya waduk penampungan.
d. derasnya hujan yang turun.
28. Salah satu kiprah manuasia merupakan menjaga kelestarian lingkungan alam. Agar hal itu sanggup terlaksana, maka salah satu yang sanggup dilakukan merupakan dengan …..
a. Memilah antara sampah kering dengan sampah yang basah
b. Membenahi perkakas rumah tangga
c. mengadakan gerakan peduli anak yatim
d. peduli terhadap keadaan masyarakat miskin
29. Cara yang diajarkan Islam semoga alam tetap terjaga kelestariannya dan tak terjadi musibah merupakan ….
a. memanfaatkan kekayaan alam yang ada dan senantiasa taat kepadaNya.
b. senantiasa berdo’a siang dan malam secara bersama-sama.
c. tak memakai hasil hutan dan alam.
d. menghindari pengunaan materi berbahaya.
30. Kalimat yang sempurna untuk menyempurnakan hadis berikut merupakan ….
قال رسول الله ص.م .... أَرْضًا مَيِّتَةً فَهِيَ لَه.
a. مَنْ أَحْيى
b. وَ الْبَهَائِمِ
c. لِمَاشِيَتِهِ
d. ذِرَاعًا
31. Arti yang sempurna untuk kalimat yang bergris bawah berikut merupakan ….
ألنبي صلى الله عليه وسلم.نهى صيرالروح وعن اخصاءالبهائم نهياشديدا
a. Melarang menyiksa binatang.
b. Melarang mengebiri yang bernyawa.
c. Melarang mengurung yang bernyawa.
d. Melarang membunuh yang bernyawa.
32. Terjemahan dari kalimat yang bergaris bawah berikut merupakan ….
ألنبي صلى الله عليه وسلم.نهى صيرالروح وعن اخصاءالبهائم نهياشديدا
a. mengebiri kuda
b. mengebiri binatang
c. melarang mengebiri
d. melarang mengebiri kuda
33. نَهَى رَسُوْلُ الله ص.م عَنْ إِخْصَاءِ الْخَيْلِ وَ الْبَهَائِمِ (رواه أحمد)
Terjemahan dari kalimat yang bergaris bawah diatas merupakan ….
a. Rasulullah saw. melarang.
b. Rasulullah saw. memsupayakan.
c. Rasulullah saw. menganjurkan.
d. Rasulullah saw. memerintahkan.
34. Artika kalimat نَهْيًا شَدِيْدًا dalam hadis Rasulullah Saw. terdapat arti ....
a. boleh dilakukan.
b. dihentikan melakukan.
c. larangan yang keras.
d. sangat diperintahkan.
35. Perhatikanlah potongan-potongan hadis berikut!
صَيْرِ (1) نَهَى (2) الرُّوْحِ (3) وَ عَنْ إِخْصَاءِ...(4)
Urutan yang sempurna dari potongan kalimat di atas merupakan ….
a. 2, 1, 4, 3.
b. 2, 3, 1, 4.
c. 2, 1, 3, 4.
d. 3, 2, 1, 4.
36. Khasiat eksklusif yang sanggup dirasakan dari hadis perihal proposal menghidupkan bumi yang mati merupakan ….
a. terpenuhinya kebutuhan mahluk hidup.
b. adanya hubungan saling membutuhkan antara mahluk hidup.
c. alam akan memberi manfaat yang besar bagi kehidupan.
d. adanya keserasian antara daratan dan lautan.
37. Aktifitas berikut ini yang merupakan perbuatan menjaga kelestarian lingkungan merupakan
a. penggunaan pupuk kimia di setiap tanaman.
b. pemberantasan hama dengan memakai pestisida.
c. penggunaan pupuk sangkar yang kaya pada setiap tanaman.
d. membuat flora buatan untuk keindahan taman.
38. Berikut ini merupakan hal yang sanggup kita lakukan semoga kelestarian alam tetap terjaga merupakan….
a. membatasi pemakaian materi bakar minyak.
b. membuat pagar rumah dengan flora hidup.
c. membangun rumah dengan materi kayu yang langka.
d. menghiasi pekarangan rumah dengan aneka bunga.
39. Akibat eksklusif dari pemburuhan besar besaran terhadap satu jenis spesies hewan tertentu, maka akan menimbulkan ….
a. munculnya jenis hewan yang gres .
b. semakin kayanya hewan langka.
c. ketakseimbangan ekosistem.
d. punahnya hewan tertentu.
40. Pembalakan hutan liar yang tak terkendali akan menjadi alasannya yaitu ….
a. Akan terjadi pengikisan .
b. terjadi sunami .
c. punahnya hewan purba.
d. terjadi banjir di tempat hilir.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
41. Jelaskan aturan bacaan yang terdapat pada kalimat yang bergaris bawah berikut ini dan bagaimana cara membacanya !
الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ
42. Terjemahkanlah ayat berikut!
وَمَاأَدْرَاكَ مَاهِيَهْ {10} نَارٌحَامِيَةُ {11}
43. Jelaskanlah isi kandungan dari ayat berikut!
يَوْ مَئِذٍ يَصْدُرُالنَّاسُ أَشْتَا تًا لِّيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ
44. Tulislah sebuah hadis yang terjemahnya sebagai berikut! “Barang siapa menggali sumur, maka ia berhak 40 hasta, sebagai sangkar ternaknya”. (HR. Ibnu Majah)
45. Jelaskanlah pelajaran yang sanggup diambil dari hadis berikut!
نَهَى رَسُوْلُ الله ص.م عَنْ إِخْصَاءِ الْخَيْلِ وَ الْبَهَائِمِ (رواه أحمد)
Jangan lupa share artikel ini apabila bermanfaat dan kunjungi selalu kajian.me untuk update seputar kajian Islam lainnya kajian.me semoga bermanfaat. Aamiin.
0 Response to "Soal Ujian Semester Ganjil Al-Qur'an Hadits Objektif Dan Essay Kelas 9 Mts"
Posting Komentar